2. Ketua BPPD memaparkan Pengembangan Wisata berbasis Pesisir
PEMALANG – Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Pemalang mendukung program Master Plan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI) yang difasilitasi oleh PNPM Mandiri Pedesaan. Program ini melibatkan empat desa di kecamatan Ulujami yaitu, desa Kaliprau, Kertosari, Blendung dan Ketapang. Dalam acara musyawarah antar desa (MAD) yang diselenggarakan di balai desa Kaliprau MP3KI ini memang agak berbeda dengan program yang selama ini dikerjakan oleh PNPM Mandiri pedesaan, yaitu tidak menitikberatkan pada infrastruktur semata akan tetapi harus mencakup lima asset penghidupan antara lain Infrastruktur, Sosial, SDM, financial dan SDA, demikian salah satu isi dari paparan yang disampaikan oleh Fasilitas Kabupaten PNPM Mandiri Pedesaan, Bayu.

Pada kesempatan yang sama Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Setya Teguh Yuwana, menyampaikan hal betapa pentingnya sinergisitas antar desa dan perlunya pengembangan kawasan pesisir berbasis pariwisata. Hal ini dilakukan karena sifat pariwisata yang memunyai efek berganda. Disampaikan pula bahwa di Pemalang perlu adanya wisata alternative sebagai daya tarik wisatawan agar lebih banyak berkunjung ke wilayah ini. Hal senada juga dismapaikan oleh Ka Bid Pemberdayaan Masyarakat Bapermas KB Kabupaten Pemalang, Sodik. Dia menandaskan bahwa pola pikir masyarakat ke empat desa tersebut harus dirubah untuk bisa menjual potensi pesisir yang ada, karena hal ini akan lebih meningkatkan pendapatan asli desa.

Di akhir acara disepakati oleh ke empat desa yang terlibat untuuk membentuk Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) yang bertugas untuk merumuskan, menyusun dan melaksanakan program MP3KI tersebut. (tgh)