Propinsi Jawa Tengah terdiri dari 35 Kabupaten. Kabupaten Pemalang adalah salah satu dari Kabupaten Kota yang sudah cukup tua di Propinsi Jawa Tengah. Eksistensi Pemalang dibuktikan banyaknya temuan arkeologis pada masa prasejarah. Yaitu berupa punden berundak dan pemandian di Kecamatan Moga. Patung Ganesa yang unik, lingga, kuburan dan batu nisan di desa Keropak dan masih banyak temuan-temuan lainnya.

Menurut Bupati Pemalang H Junaedi, “banyak sekali potensi wisata yang dapat dikunjungi oleh turis dari manca Negara. Pemalang tidak kalah menariknya dari daerah-daerah di Indonesia yang biasa di kunjungi oleh turis lokal maupun manca Negara”, jelasnya kepada wartawan Jurnal nusantara saat menghadiri acara paguyuban muda perantau dari daerah Pemalang, Anjungan Jawa Tengah, TMII Minggu 17/07/2011.

Sebagai pilar bangsa, pemuda menjadi tulang punggung didalam mempertahankan keutuhan kesatuan bangsa dimasa mendatang. “Dalam rangka mempererat tali persaudaraan juga memperkenalkan obyek wisata, khususnya pemuda perantau dari daerah Pemalang, saya sebagai penasehat dari paguyuban ini, sangat mendukung apresiasi yang telah dan akan dilakukan oleh mereka”, tambahnya.

Pantai widuri merupakan obyek wisata andalan Kabupaten Pemalang. Pantai ini ramai dikunjungi orang setiap hari libur dan hari raya Idul Fitri, pengunjung bisa tumpah ruah di pantai widuri. Obyek wisata yang ada mulai dari bentangan pantai yang tidak begitu luas, namun di pinggiran pantai banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang sudah berumur puluhan tahun dan terdapat tempat-tempat duduk untuk menikmati keindahan pantai dan menikmati sunrise serta sunset, beraneka ragam tempat wisata kuliner spesial sea food, obyek wisata air Water Boom yang terbaru, arena bermain anak-anak, panggung untuk pagelaran musik, lapangan tenis dan sirkuit balap motor. Obyek wisatanya sendiri dikelilingi oleh tembok tembok pembatas yang mengelilinginya jika dihitung luas di dalamnya kurang lebih sekitar 10 hektar saja. (Rul)

Sumber : JurnalNusantara.com